PT Kereta Api Indonesia (Persero) adalah Badan
Usaha Milik Negara
Indonesia yang menyelenggarakan jasa angkutan
kereta api. Layanan PT Kereta Api Indonesia
(Persero) meliputi angkutan penumpang dan barang. Pada akhir Maret
2007, DPR
mengesahkan revisi UU No. 13/1992 yang menegaskan bahwa investor
swasta maupun pemerintah daerah diberi kesempatan untuk mengelola jasa angkutan
kereta api di Indonesia. Pada tanggal 14 Agustus 2008
PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan pemisahan Divisi Jabotabek menjadi PT
Kereta Api Commuter Jabotabek (KCJ) untuk mengelola kereta api penglaju di
daerah Jakarta dan sekitarnya. selama tahun 2008
jumlah penumpang melebihi 197 juta.
Pemberlakuan UU Perkeretaapian No.
23/2007 secara hukum mengakhiri monopoli PT
Kereta Api Indonesia (Persero) dalam mengoperasikan kereta api di Indonesia.
Pada tanggal 28 September 2011,
bertepatan dengan peringatan ulang tahunnya yang ke-66, KAI meluncurkan logo
baru.
Kereta api Argo Bromo Anggrek, salah
satu rangkaian kereta api cepat yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia
(Persero).
Daftar Isi
|
Sejarah
Setelah Proklamasi Kemerdekaan Indonesia dikumandangkan pada tanggal 17 Agustus 1945,
karyawan perusahaan kereta api yang tergabung dalam Angkatan Moeda Kereta
Api (AMKA) mengambil alih kekuasaan perkeretaapian dari Jepang.
Pada tanggal 28 September 1945,
pembacaan pernyataan sikap oleh Ismangil dan sejumlah anggota AMKA lainnya
menegaskan bahwa mulai hari itu kekuasaan perkeretaapian berada di tangan
bangsa Indonesia sehingga Jepang
sudah tidak berhak untuk mencampuri urusan perkeretaapian di Indonesia. Inilah yang melandasi
ditetapkannya tanggal 28
September 1945
sebagai Hari Kereta Api serta dibentuknya Djawatan Kereta Api Repoeblik
Indonesia (DKARI).
Nama DKARI kemudian diubah menjadi Perusahaan
Negara Kereta Api (PNKA). Nama itu diubah lagi menjadi Perusahaan
Jawatan Kereta Api (PJKA) pada tanggal 15 September 1971.
Pada tanggal 2 Januari 1991,
nama PJKA secara resmi diubah menjadi Perusahaan Umum Kereta Api
(Perumka) dan semenjak tanggal 1 Juni 1999
diubah menjadi PT Kereta Api Indonesia (Persero) sampai sekarang.
Arti Logo Baru PT Kereta Api Indonesia
Logo
DKA, PNKA dan PJKA
Logo
Segilima warna biru dan hanya digunakan hanya 1 tahun
Logo
Perumka dan PT KAI sebelum tanggal 28 September 2011
Logo
PT KAI (28 September 2011-sekarang)
- 3 Garis melengkung melambangkan gerakan yang dinamis PT
KAI dalam mencapai Visi dan Misinya.
- 2 Garis warna orange melambangkan proses Pelayanan
Prima (Kepuasan Pelanggan) yang ditujukan kepada pelanggan internal dan
eksternal. Anak panah berwarna putih melambangkan Nilai Integritas, yang
harus dimiliki insan PT KAI dalam mewujudkan Pelayanan Prima.
- 1 Garis lengkung berwarna biru melambangkan semangat
Inovasi yang harus dilakukan dalam memberikan nilai tambah ke
stakeholders. (Inovasi dilakukan dengan semangat sinergi di semua bidang
dan dimulai dari hal yang paling kecil sehingga dapat melesat.)
Jalur
Stasiun
Gambir Jakarta difoto dari udara.
PT Kereta Api Indonesia (Persero)
mengoperasikan kereta api di wilayah provinsi Aceh,
Sumatera
Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan dan Lampung serta semua provinsi di Jawa.
Jalur-jalur utama ini menghubungkan
kota Medan dengan Rantauprapat, Padang
dengan Pariaman, Bandar Lampung dengan Lubuklinggau dan Palembang, Jakarta dengan Surabaya melalui Semarang maupun Yogyakarta, dan Surabaya dan Malang dan Banyuwangi.
Panjang keseluruhan jalur kereta api
di Indonesia adalah 7583 kilometer. Lebih dari 2500 kilometer jalur telah
ditutup, sebagian besarnya adalah jalur cabang yang dianggap tidak
menguntungkan bila tetap dipergunakan. Pada saat ini (2008) Departemen
Perhubungan sedang melakukan pembangunan jalur ganda di Pulau Jawa, yang
diharapkan akan selesai pada tahun 2025.
Jalur yang sudah diselesaikan adalah Jakarta-Cirebon, Cikampek-Purwakarta, Kutoarjo-Surakarta dan Tegal-Brebes.
Pada saat ini jalur Brebes-Pemalang, Kutoarjo-Kroya
dan Kroya-Prupuk
sedang dikerjakan.
Layanan
Jadwal kereta
PT Kereta Api Indonesia (Persero)
memberikan layanan kereta api penumpang dan barang. Hampir semua jalur yang
beroperasi memiliki layanan angkutan kereta api penumpang yang dijalankan
secara teratur.
Kereta Penumpang
Kapasitas angkut penumpang yang
disediakan PT Kereta Api Indonesia (Persero) di Jawa
dan Sumatera adalah sebanyak 106.638 tempat
duduk per hari dengan rasio kelas eksekutif (15%), bisnis (27%), dan ekonomi
(59%). Bila tempat duduk dikaitkan dengan jarak tempuh, maka total kapasitas
melambung menjadi sebanyak 41.528.450 tempat duduk per kilometer per hari dengan rasio kelas
eksekutif (17%), kelas bisnis (25%), dan kelas
ekonomi (58%).
Kelas Argo
Kereta
Go Green yang sering dipakai Argo Bromo Anggrek sampai sekarang.
Kelas Argo adalah kelas layanan
tertinggi PT Kereta Api Indonesia (Persero), yaitu dengan kereta penumpang
berkapasitas 50/52 orang per kereta. Layanan yang disediakan adalah tempat
duduk yang bisa diatur, pendingin udara, hiburan audio visual dan layanan
makanan.
Rangkaian kereta api jenis ini mulai
diluncurkan pada tanggal 31 Juli 1995
untuk memperingati 50
Tahun Kemerdekaan Republik Indonesia. Pada awalnya hanya dua kereta api yang dioperasikan, yaitu
Argo Bromo yang melayani rute Gambir-Surabaya
Pasar Turi dan Argo
Gede yang melayani rute Gambir-Bandung. Saat ini, kereta api Argo Bromo telah digantikan dengan Argo
Bromo Anggrek
dan KA Argo Gede juga telah diberhentikan pengoprasiannya.
Kereta api kelas Argo lainnya adalah :
- Kereta api Argo Bromo Anggrek yang melayani rute Gambir-Pasar
Turi.
- Argo
Muria yang
melayani rute Gambir-Semarang.
- Argo
Lawu yang
melayani rute Gambir-Yogyakarta-Solo Balapan.
- Argo
Wilis yang
melayani rute Bandung-Surabaya Gubeng.
- New
Argo Jati
yang melayani rute Gambir-Cirebon.
- Argo Dwipangga yang melayani rute Gambir-Yogyakarta-Solo Balapan.
- Argo
Sindoro
yang melayani rute Gambir-Semarang Tawang.
Kelas Satwa
Kereta
kelas Eksekutif tipe Pesawat yang digunakan kereta Argo Jati, Gajayana,dan Turangga.
Bagian
dalam gerbong kereta eksekutif Pesawat buatan INKA.
Kelas Satwa adalah Kereta sekelas
Argo tetapi bukan argo seperti Kereta di bawah ini
- Sembrani yang melayani rute Pasar
Turi-Gambir.
- Gajayana yang melayani rute Malang-Gambir.
- Bangunkarta yang melayani rute Pasar
Senen-Jombang.
- Taksaka yang melayani rute Yogyakarta-Gambir
- Bima yang melayani rute Gubeng-Gambir.
- Turangga yang melayani rute Gubeng-Bandung
Kelas Eksekutif Bisnis
Kelas Publik adalah kelas layanan
kedua tertinggi, dengan kereta penumpang kelas eksekutif (52 penumpang) dan
bisnis (64 penumpang). Layanan kelas publik diberikan pada jalur-jalur berikut
ini :
- Cirebon Ekspres yang melayani rute Tegal-Cirebon-Gambir
- Sancaka yang melayani rute Surabaya Gubeng-Yogyakarta.
- Mutiara
Timur yang
melayani rute Surabaya
Gubeng-Banyuwangi hingga Denpasar, Bali menggunakan bus
dari Banyuwangi.
- Lodaya yang melayani rute Bandung-Solo Balapan.
- Malabar yang malayani rute Bandung-Malang.
- Gumarang yang melayani rute Jakarta
Kota-Surabaya
Pasar Turi.
- Harina yang melayani rute Bandung-Semarang Tawang.
- Rajawali yang melayani rute Semarang Tawang-Surabaya
Pasar Turi.
- Argo Parahyangan yang melayani rute Gambir-Bandung.
- Purwojaya yang melayani rute Gambir-Cilacap
- Malioboro Ekspres yang melayani rute Malang-Yogyakarta.
- Sawunggalih Utama yang melayani rute Pasar
Senen-Kutoarjo.
Kelas Bisnis
Bagian dalam gerbong kereta bisnis.
Di bawah kereta api kelas ©
adalah kelas komersial kelas menengah, yang mencakup semua kereta bisnis.
- Mutiara Selatan yang melayani rute Surabaya-Bandung
- Senja
Utama dari
Pasar
Senen ke
Stasiun Tugu Yogyakarta, Solo Balapan dan Semarang Tawang.
- Fajar Utama Yogya dari Pasar
Senen ke
Stasiun Yogyakarta
- Senja (Malang/Kediri) yang melayani rute Malang-Kediri-Pasar Senen via Semarang Tawang
Kelas Ekonomi
Kereta
kelas Ekonomi.
Kereta
kelas Ekonomi AC.
Dalam rangka pemerataan pelayanan
kepada semua lapisan masyarakat, selain mengoperasikan sejumlah kereta api
komersial yang berfungsi sebagai subsidi silang pada pelayanan kereta api kelas
ekonomi, PT Kereta Api Indonesia (Persero) juga mengoperasikan sejumlah
rangkaian kereta api kelas ekonomi unggulan, yaitu:
- Pasundan yang melayani rute Kiaracondong-Surabaya Gubeng
- Tegal
Arum yang
melayani rute Jakarta
Kota-Tegal
- Brantas yang melayani rute Tanah Abang-Kediri
- Logawa yang melayani rute Purwokerto-Jember
- Sri Tanjung yang melayani rute Banyuwangi-Lempuyangan.
- Tawang
Alun yang
melayani rute Malang-Banyuwangi.
- Bengawan yang melayani rute Tanah Abang-Solo.
- Progo yang melayani rute Pasar
Senen-Lempuyangan.
- Matarmaja yang
melayani rute Malang-Jakarta Kota (Pasar Senen)
- Serayu yang melayani rute Jakarta Kota-Kroya
- Kereta api Kutojaya Utara yang melayani rute Tanah Abang-Kutoarjo
- Kereta api Kutojaya Selatan yang melayani rute Kiaracondong-Kutoarjo
- Kereta
api Kertajaya
yang melayani rute Tanjung Priok-Surabaya
Pasar Turi
- Kereta
api Kahuripan
yang melayani rute Padalarang-Kediri
- Kereta api Gaya Baru Malam Selatan yang melayani rute Jakarta Kota-Surabaya Gubeng
- Kereta
api Majapahit
yang melayani rute Stasiun
Pasar Senen-Semarang Tawang-Stasiun Malang
- Menoreh yang melayani rute Pasar Senen-Semarang.
- Kereta
api Bogowonto
yang melayani rute Pasar Senen-Kutoarjo-Yogyakarta.
- Gajah
Wong yang
melayani rute Pasar
Senen-Yogyakarta.
Kereta Api Lokal
Tarif kereta api kelas ekonomi
ditetapkan oleh pemerintah sehingga secara keseluruhan biaya operasi tidak
dapat ditutup dengan tarif yang dikenakan kepada masyarakat. Sampai saat ini,
PT Kereta Api Indonesia (Persero) melakukan subsidi silang dari pendapatan
rangkaian kereta api kelas Argo dan kelas satu pada kelas ekonomi. Beberapa
kereta yang dioperasikan adalah :
- Kereta
Rel Diesel
yang melayani rute Surabaya
Pasar Turi-Cepu dan Surabaya Kota-Kertosono.
- Penataran yang melayani rute Surabaya Kota-Blitar lewat Malang.
- Kereta
api Kaligung
yang melayani rute Brebes-Semarang Poncol.
- Kalimaya yang melayani rute Tanah
Abang-Serang.
- Probowangi yang melayani rute Probolinggo-Banyuwangi.
- Rapih
Dhoho yang
melayani rute Surabaya
Kota-Blitar lewat Kertosono.
- Kereta
api Langsam
yang melayani rute Rangkasbitung-Jakarta Kota dan Pasar Senen
- Kereta api Patas Purwakarta yang melayani rute Purwakarta-Stasiun
Tanjung Priok
- Kereta api Banten Ekspres yang melayani rute Merak-Jakarta
Kota.
- Kereta
api Madiun Jaya
yang melayani rute Madiun-Solo
Balapan-Yogyakarta
- Kereta api Madiun Jaya Ekspres yang melayani rute Madiun-Solo
Balapan-Yogyakarta
- Kereta api Prambanan Ekspres yang melayani rute Kutoarjo-Yogyakarta-Solo
Jebres.
- Kereta api Blora Jaya Ekspres yang melayani rute Semarang
Tawang-Cepu-Bojonegoro
- Kereta
api Baraya Geulis
yang melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka
- Kereta
api Bumi Geulis
yang melayani rute Bogor-Sukabumi
- Pandanwangi yang melayani rute Jember-Banyuwangi.
- Kereta Lokal Bandung Raya yang melayani rute Padalarang-Bandung-Cicalengka hingga Cibatu, Garut.
- Kereta Lokal (KRD) Surabaya yang melayani rute Surabaya-Lamongan, Surabaya-Sidoarjo, dan Surabaya-Mojokerto.
- Kereta
api Sriwedari
yang melayani rute Yogyakarta-Solo
Balapan
- Peuyeum (Loka Cianjuran) yang
melayani rute Cianjur-Padalarang
Komuter
Kereta Api Komuter Jabodetabek yang
dikelola oleh anak perusahaan PT Kereta Api Indonesia (Persero), yaitu PT KAI
Commuter Jabodetabek.
Komuter adalah kereta api yang
beroperasi dalam jarak dekat, menghubungkan kota besar dengan kota-kota kecil
di sekitarnya atau dua kota yang berdekatan. Penumpang kereta ini kebanyakan
adalah para penglaju bermobilitas tinggi yang pulang-pergi dalam sehari,
misalnya ke tempat kerja atau sekolah. Tidak mengherankan apabila frekuensi
perjalanan komuter termasuk tinggi dan jumlah penumpangnya juga paling banyak
dibanding kereta jenis lainnya.
Di Indonesia, jaringan komuter masih menjadi
satu dengan kereta api jarak jauh, bahkan kebanyakan rangkaian kereta apinya
juga diambil dari bekas kereta api jarak jauh. Walaupun demikian, pemerintah
saat ini sedang mempersiapkan pembangunan jaringan kereta api komuter yang
lebih canggih, seperti monorel, kereta
bawah tanah,
maupun Mass
Rapid Transit
(MRT) yang rencananya akan dibangun di Jakarta dan Surabaya.
Komuter umumnya dilayani oleh
rangkaian kereta api ekonomi, tetapi beberapa sudah ada yang dilayani oleh
kereta kelas bisnis bahkan kelas eksekutif, seperti kereta api Pakuan
jurusan Jakarta -
Bogor. Jalur-jalur kereta komuter yang
ada di Indonesia antara lain :
- KRL Jabotabek/Commuter Line, merupakan jalur komuter
tertua di Indonesia yang melingkupi daerah Jakarta Raya, melayani para penglaju dari Jakarta ke Bogor, Depok, Tangerang, dan Bekasi, termasuk jalur cabang ke Serpong.
Kereta Wisata
Salah satu rangkaian kereta api
wisata yang dioperasikan oleh PT Kereta Api Indonesia (Persero).
PT Kereta Api Indonesia (Persero)
juga menyediakan layanan kereta wisata yang tarifnya disesuaikan dengan harga
tiket tertinggi pada kereta yang dirangkaikan dengan kereta wisata tersebut. Gerbong
kereta wisata diberi nama Nusantara, Bali,
dan Toraja. Selain itu, di Ambarawa tersedia pula kereta wisata dengan lokomotif uap bergigi. Di Solo,
kereta wisata Punokawan jurusan Purwosari–Wonogiri menelusuri jalan Slamet Riyadi di Kota Solo. Adapun di Sumatera Selatan, tersedia kereta wisata yang diberi
nama Kereta Sultan, sedangkan di Sumatera Barat tersedia pula kereta wisata yang
bertujuan ke Lembah Anai dan Pantai Pariaman.
Kereta Barang
Kereta Peti Kemas.
Kereta Ketel Minyak.
Khusus di Pulau Jawa, pemasaran angkutan barang semula
kurang diminati pasar karena dalam perjalanan kalah prioritas dengan kereta
penumpang. Akan tetapi, sejalan dengan perkembangan terakhir yang sudah melalui
tahapan modernisasi sarana angkutan barang, telah dimungkinkan hadirnya kereta
barang dengan kecepatan yang tidak jauh berbeda dengan kereta penumpang
sehingga perjalanannya jauh lebih lancar.
Layanan kereta barang yang dilayani
saat ini sudah ada beberapa macam seperti kereta pengangkut container, kereta
pengangkut batu bara, kereta pengankut semen dan sebagainya.
Untuk mengoptimalkan layanan kereta
berbasis barang pada saat ini PT Kereta Api Indonesia (Persero) membuat anak
perusahaan yang bernama PT. Kereta Api Logistik (KALOG) yang fungsi utamanya
adalah untuk melayani dan mengoperasionalkan layanan barang berbasis kereta
api.
Baja Satwa
Kereta barang Baja Satwa dikhususkan untuk mengangkut barang yang melayani rute Jakarta Kampung Bandan-Surabaya
Pasar Turi. Barang
yang diangkut kebanyakan berupa peti kemas yang jenis komoditas angkutannya
tidak terbatas. Sayangnya, saat ini Stasiun Kampung Bandan sudah tidak aktif lagi (tidak
dioperasikan sampai sekarang).
Kereta Barang Cepat
Koridor layanannya sama dengan
kereta api Antaboga, yaitu Jakarta-Surabaya
Pasar Turi, tetapi
sarana yang digunakan berupa gerbong tertutup. Komoditas yang dapat diangkut
juga bermacam-macam, sesuai dengan keadaan pasar.
Lokomotif
Skema penomoran lokomotif tanggal
dari pendudukan Jepang, menggunakan kombinasi huruf dan angka. Sebuah surat
atau kombinasi huruf yang digunakan untuk menunjukkan susunan roda (saat ini
ada C, D, BB dan jenis CC), dan nomor tiga digit digunakan untuk menunjukkan
kelas (20 kali untuk kelas dengan transmisi listrik dan 30 kali untuk kelas dengan
transmisi hidraulik atau mekanik), mulai dari 0. Sebuah nomor dua atau
tiga-angka menunjukkan jumlah individu, mulai dari 01.
Misalnya
- D301 70 :
the 70th member of the second class of D type diesel-hydraulic locomotive
- CC203 13 : the 13th member of the fourth class of diesel
electric locomotives with Co-Co wheel arrangement
Kelas Lokomotif Diesel PT Kereta Api Indonesia
(Persero)
Loko Diesel Hidrolik
|
Loko Diesel Elektrik
|
Armada
Pada tahun 2004, 20ptka.txt 20produksi Alat Produksi
PT Kereta Api Indonesia
PT Kereta Api mengoperasikan :
- 74 beberapa unit diesel
- 253 beberapa unit listrik
- 846 pendapatan kereta penumpang
- 65 kereta penumpang non-pendapatan (bagasi-generator
dan kereta makan)
- 3.214 kereta dan gerbong
Lokomotif diesel elektrik PT KAI
sebagian besar dibuat di Amerika Serikat atau Kanada, sedangkan diesel
hidraulik kebanyakan Jerman.
Unit listrik beberapa kebanyakan buatan Jepang. Industri lokal mampu membangun
beberapa unit, baik diesel dan listrik.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar